Jumat, 09 Mei 2014

***I’M NOT ANOREKSIA***

 (@nittaramadhaniy)
            CUNGKRING!!! Yah, that’s right! Julukan itu sudah jadi wasiat gue selama gue hidup di bumi pertiwi yang hijau nan indah ini (lebay). Hm, gue si bungsu dari tiga bersaudara. Kakak pertama gue seorang model, yah pasti cantik dong yah. Dan yang kedua seorang jurnalis muda. Oke baiklah, disini gue bukannya mau ngabsenin keluarga gue. Gue cuma mau sharing tentang penderitaan gue LAHIR dan BATIN sebagai manusia yang diciptakan bertubuh kurus! Sejujurnya gue suka sensitif kalau bicara tentang berat badan. Gue juga bingung kenapa gue beda sama kedua kakak gue yang mempunyai tubuh semok, montok, bahenol, ulala badai… Padahal Nyokap Bokap juga nggak kurus-kurus banget. Nah, what happen with me? Bukannya makin gemuk, gue malah makin mirip sama jarum pentul. Cungkring kayak ikan kering, tinggi semampai kayak batang pohon kelor. Berikut adalah cacian-cacian yang sudah menjadi santapan gue setiap hari. Dan buruknya, kalau gue pakai baju kegedean disangkain gue pakai baju warisan kakek gue. Padahal tuh baju udah ukuran paling kecil. Mungkin tukang pabrik bajunya belum peka dengan perasaan gue kali yah… Ribuan cara sudah gue lakukan buat naikin berat badan gue, tapi GAGAL terus! Mulai dari minum jamu penggemuk, makan teratur, ngemil tengah malam. Yah gitu-gitu aja sih siklusnya, pusing gue-_- Gue juga pernah minum pil yang katanya ampuh buat tolongin kaum bergizi buruk. Bukannya jadi semok, gue malah menderita diare tiga hari tiga malam. Ampun gue!!!
            Dan parahnya gue pernah dikatain menderita Anoreksia Nervosa sama salah satu teman gue. Buru-buru gue cari tahu di Om Google dan Tante Wikipedia tentang nama alient itu. ‘Anoreksia Nervosa adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang’. Hellooo, apa maksudnya nih? Masa sih gue menderita penyakit mengerikan itu? Nggak mungkinlah. Gue nggak pernah mengalami satu pun dari sekian gejala dari Anoreksia. Penurunan berat badan gue nggak drastis kok, justru gini-gini aja dari dulu. Gue juga menstruasi kok, walaupun kurang teratur. Trus gue juga nggak takut gemuk, malah gue pengen banget kalau badan gue montok. Dan keadaan pun memaksa gue untuk konsultasi ke Dokter. Dan ternyata, jeng..jeng..jeng.. I’M NOT ANOREKSIA! Nah kan sekurus apapun gue juga nggak seburuk itu keleuss. Penderita Anoreksia adalah orang-orang yang cenderung takut bahkan depresi ketika mengalami kenaikan berat badan. Penderita penyakit ini terutama adalah wanita yang mengalami tuntutan bertubuh ideal atau tekanan dari lingkungannya. Mereka selalu cemas dengan kondisi tubuhnya, dan akan selalu merasa tubuhnya gemuk sekalipun ia kurus. Sedangkan gue? Gue cuma seorang gadis bertubuh kurus yang berharap lebih agar Tuhan akan  menaikkan berat badan gue dengan rahmat dan hidayah-Nya. Nah, jelas kan perbedaannya? Makanya jangan asal! Lagian kurus itu nggak buruk-buruk banget kok. Banyak manfaatnya. Pertama, lo bisa ngumpet di balik badan teman lo yang gemuk pas lo kepanasan ketika upacara. Dan kalo lo habis nikah, suami nggak bakal mikir dua kali buat ngegendong elo, kan RINGAN:D So? Jangan menyesal dengan keadaan tubuh lo yang sekarang. Because, SKINNY is SEXY! J














CUNGKRING.. Yah, that’s right! Julukan itu udah jadi wasiat buat gue selama gue hidup di bumi pertiwi yang indah ini (lebbaaay) Hmm... Gue putri bungsu dari tiga bersaudara. Kakak pertama gue seorang model, yah pasti cantik dong yah. Dan yang kedua seorang jurnalis. Tuh kan, gue jadi curhat soal keluarga gue deh. Gue suka sensitif kalau cerita soal mereka. Karena ujung-ujungnya akan bersangkutan dengan kondisi berat badan gue yang kurus, mirip jarum, cungkring, miring, dan datar kayak piring. Beda sama mereka yang semok, montok, bahenol, sesuatu ulala badai. Berbicara tentang berat badan, gue juga bingung kenapa gue bisa terlahir dengan body yang mirip sebatang lidi kayak gini. Padahal Nyokap Bokap gue nggak kurus-kurus banget, apalagi kedua kakak gue.  Gue udah ngelakuin ribuan cara buat naikin berat badan gue, tapi GAGAL terus! Mulai dari minum jamu penggemuk, makan teratur, ngemil tengah malam. Palingan naik sekilo dua kilo aja. Dan ketika gue drop, berat badan gue akan turun lagi. Yah gitu-gitu aja sih siklusnya, pusing gue-_- Gue juga pernah minum pil yang katanya ampuh buat tolongin kaum bergizi buruk. Bukannya jadi semok, gue malah menderita diare tiga hari tiga malam. Ampun gue!!!:’(
            Ejekan demi ejekan udah jadi santapan gue setiap hari. Dan suatu waktu telinga gue mendengar julukan baru dari Andien, teman sekelas gue. Dia bilang “Eh Ren, jangan-jangan loe Anoreksia lagi!” Sumpah demi apa gue baru dengar kalimat alient itu. Buru-buru gue browsing di Mbah Google tentang arti dari Anoreksia. ‘Anoreksia Nervosa adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang’ (Wikipedia) Hellowww… Apa maksudnya nih? Masa sih gue menderita penyakit itu? Jadi ngeri-_- Ah nggak! Gue nggak pernah mengalami satu pun dari sekian gejala dari Anoreksia. Penurunan berat badan gue nggak drastis kok, justru gini-gini aja dari dulu. Gue juga menstruasi kok, walaupun kurang teratur. Trus gue juga nggak takut gemuk, malah gue pengen banget kalau badan gue montok. Gue juga nggak pernah membatasi makanan gue, malah bisa dibilang gue lah yang paling rakus di rumah gue.
            Sampai akhirnya gue terkenal dengan julukan mengerikan itu. Jujur yah, dari ribuan ejekan yang dilontarkan buat gue baru kali ini gue bener-bener sakit hati. Gila kali yah, ini hati coy bukan batu karang! Cek percek gue coba mendalami tentang penyakit itu. Dan keadaan maksa gue buat konsultasi ke Dokter. Dan ternyata… Jeng…Jeng…Jeng… I’M NOT ANOREKSIA! Nah kan, sekurus apa pun tapi gue nggak seburuk itu keleusssss. Penderita Anoreksia adalah orang-orang yang cenderung takut bahkan depresi ketika mengalami kenaikan berat badan. Penderita penyakit ini terutama adalah wanita yang mengalami tuntutan bertubuh ideal atau tekanan dari lingkungannya. Mereka selalu cemas dengan kondisi tubuhnya, dan akan selalu merasa tubuhnya gemuk sekalipun ia kurus. Sedangkan gue? Gue cuma seorang gadis bertubuh kurus yang berharap lebih agar Tuhan akan  menaikkan berat badan gue dengan rahmat dan hidayah-Nya. Nah, jelas kan perbedaannya? Makanya jangan asal! Lagian kurus itu nggak buruk-buruk banget kok. Banyak manfaat yang gue dapat. Salah satunya, orang kurus itu selalu terlindungi, misalnya kalau upacara di bawah matahari, yah gue bisa berlindung di balik tubuh temen gue yang berbadan gemuk biar gak kepanasan. Dan suatu saat kalo gue habis nikah, suami gue ga bakalan mikir dua kali buat ngegendong gue, kan RINGAN:D. Dan masiiiiih buanyaak lagi manfaatnya! So, syukuri aja Guyz. Kurus itu bukan kutukan, tapi semok yang tertunda!~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar